Destinasi Wisata Rohani ke Pura Goa Giri Putri 

Goa Giri Putri di Nusa Penida adalah destinasi yang penuh daya tarik. Namun, perlu berhati-hati saat mencari pintu masuk yang sempit. Setelah itu, Anda akan memasuki gua yang sangat mengesankan.

Sejarah Pura Goa Giri Putri

Menurut nusapenidaily.com, Nama “Pura Goa Giri Putri” menggambarkan tempat ini secara jelas. “Pura” berarti kuil, “Goa” adalah gua, “Giri” adalah bukit, dan “Putri” melambangkan kekuatan.

Pura Goa Giri Putri adalah kuil yang dibangun di dalam gua di bukit dan didedikasikan untuk Shiva, yang bertanggung jawab atas penghancuran dan penciptaan dunia bersama dengan Brahma dan Vishnu.

Akses Masuk ke dalam Goa

Untuk memasuki gua, Anda harus menaiki sekitar 100 anak tangga dari tempat parkir. Anak tangga ini dilindungi atap, sehingga perjalanan tidak terlalu panas atau melelahkan. Di tempat parkir, Anda juga harus menyewa kain seharga Rp. 10.000.

Setelah tiba di pelataran pura, Anda diminta mengisi buku tamu dan ada kotak donasi. Tidak ada biaya tiket masuk. Anda bisa bersantai sejenak sambil menikmati pemandangan pantai.

Untuk memasuki gua, Anda harus melewati lubang yang sempit, lalu berjalan merunduk sejauh 3 meter karena tinggi gua yang rendah. Setelah itu, Anda akan memasuki gua yang besar dan mengesankan.

Pintu keluar gua lebih besar daripada pintu masuk dan dilengkapi pintu. Sebelumnya, pengunjung bisa memasuki gua melalui pintu belakang, tetapi sekarang diarahkan untuk memasuki melalui pintu masuk agar lebih teratur.

Tempat Meditasi

Selain sebagai objek wisata, Pura Goa Giri Putri juga memiliki tempat meditasi. Hanya mereka yang ingin bermeditasi yang diizinkan naik ke sini dan harus melepaskan alas kaki alias harus nyeker.

Jadi usahakan Anda harus menghargai peraturan yang sudah diberlakukan di Pura Goa Giri Putri ini.

Patung Dewi Kwan Im

Patung Dewi Kwan Im di dalam gua adalah hasil akulturasi antara kepercayaan Hindu dan Buddha dan melambangkan berkah dan rejeki. Patung ini juga digunakan dalam persembahyangan umat Hindu.

Lokasi Goa Giri Putri

Pura Goa Giri Putri Nusa Penida terletak sekitar 7 km ke arah timur Pelabuhan Buyuk Nusa Penida, dekat dengan pelabuhan tersebut.

Alangkah baiknya sebelum menuju kesana, lebih baik membawa minuman agar tidak haus selama berjalan menuju goa giri pura putri.

Tips Berkunjung

  • Wanita yang sedang menstruasi tidak diperbolehkan masuk ke area pura, menurut warga setempat ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan jika masih nekat berkunjung.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman, sepatu direkomendasikan karena medan yang akan dilewati sangatlah ekstrim.
  • Bawa anak-anak dengan hati-hati, bisa menggunakan gendongan. Stroller tidak disarankan dalam gua karena medan yang akan dilalui menanjak dan berada diatas bukit.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Goa Giri Putri di Nusa Penida adalah destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Kuil yang terletak di dalam gua ini memiliki sejarah yang kaya dan beragam aspek unik. Akses ke gua cukup menantang, tetapi memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Selain sebagai tempat ibadah, gua ini juga menyediakan tempat meditasi dan menggambarkan harmoni antara kepercayaan Hindu dan Buddha. Lokasinya yang dekat dengan pelabuhan membuatnya mudah diakses. Beberapa tips penting juga perlu diperhatikan untuk perjalanan yang lebih nyaman.

Jadi, bagi mereka yang ingin menjelajahi keindahan dan sejarah Pura Goa Giri Putri, Nusa Penida adalah tujuan yang layak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *